Rabu, 24 Februari 2010

Teknologi Game

Teknologi secara pengertian pada umumnya dinyatakan sebagai penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi penemuan yang lama pun seperti lampu, roda, dan mesin uap masih dianggap teknologi, adapun dalam pengertian lainnya teknologi berasal dari istilah teckne yang berarti seni (art) atau keterampilan. Menurut Dictionary of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis. Memahami teknologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan alam (nature science) dan rekayasa (engineering). Ilmu pengetahuan alam adalah input bagi proses ilmu rekayasa sedangkan teknologi adalah hasil proses rekayasa.Manusia tidak dapat dipisahkan lagi dengan teknologi , lalu manusia memerlukan teknologi dalam seluruh aspek kehidupannya, dam teknologi menjadi tempat dan lingkungan hidup manusia (habitat).


Teknologi akan memberikan pengaruh dalam kelangsungan hidup manusia dan manusia pun terus mempengaruhi maju atau tidaknya teknologi. Bedasarkan keterangan diatas , penulis akan mencoba untuk menyampaikan sedikit penjelasan tentang teknologi yang ada pada game,p
ersonal computer berupa aplikasi games pada PC. Games ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal Computer, durasi waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games tersebut bagus dan mampu menghibur audience/pemain, maka selama itulah tingkat kemungkinan untuk dilihat audience akan semakin tinggi. Pembuatan Games ini biasanya menggunakan Language C++ / C#, membutuhkan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.Kemudia terdapat Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang diletakkan pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses games tersebut.

Setelah itu terdapat juga SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan pada mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows mobile 5.0. Games bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis pada umumnya lebih disukai oleh orang-orang golongan ini. Seperti melihat kebutuhan hiburan saat ini , maka dibuatlah Cell Phones/Mobile Phones. Produk yang memiliki target golongan ABG, remaja, anak kuliah, eksekutif muda sangat tepat menggunakan media ini, mengingat pada golongan inilah mereka suka sekali mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi yang tersedia pada mobile/cellphones .


Tahap Pembuatan Game

Seorang kreator game harus memiliki keseriusan dan keseriusan secara total dan penuh terhadap game yang akan dibuat. Setiap creator pastinya membutuhkan tim yang solid dan dapat mengerjakannya dengan sepenuh hati ,sehingga game yang dihasilkan dapat dinikmati oleh orang lain. Untuk itu diperlukan tahapannya sebagai berikut ;


1. Menentukan jenis (Genre) game apa yang akan dikerjakan.
2. Membuat jalan cerita (Story Line Making) game yang akan dibuat.
3. Menciptakan karakter / tokoh (Character Design) dalam sebuah game.
4. membuat bagan alur game (Follow Charting).
5. Membuat program game, baik gambar maupun suara (Programing).
6. Mencari kesalahan / error game yang sudah selesai dibuat (Debugging).
7. Melakukan uji coba / trial game dalam bentuk Beta Version (Playtesting).
8. Membuat judul (Title) game yang telah selesai dibuat.
9. Penyelesaian game dalam bentuk Full Version dan siap dijual (Release).

10.Peng-komersilan game (bisnis game), melalui voucher-voucher/ merchendise dan lain-lain.


Teknologi yang dipakai dalam pembuatan game.


Teknologi game yang telah berkembang saat ini telah mampu menampilkan berbagai macam cerita dengan berbagai efek sehingga menarik untuk dimainkan. Dan jika dianalisa semua game dibentuk berdasarkan perkembangan dari penggunaan bahasa pemrogaraman tingkat tinggi yang sudah ada, seperti Java, c++, Cobol, dan sebagainya. Efek-efek tersebut merupakan gabungan dari berbagai macam disiplin ilmu mulai dari komputer grafik, desain hingga kecerdasan buatan. Perkembangan teknologi efek visual dan audio yang indah dan mendebarkan digabungkan dengan teknologi multimedia, akan menghasilkan suatu game yang hidup sehingga pemain seakan-akan menjadi bagian dari game tersebut., Seperti game (frist person) Perkembangan teknologi game juga sudah terintegrasi dengan Internet dan kecerdasan buatan.


Profesi dalam pembuatan game.


* Creator, (Leadership Team).

* Designer/ Animator.

* Programmer.


* semua profesi diatas adalah dalam suatu kesatuan tim, untuk membentuk suatu game yang diinginkan.


Game yang dibangun dengan sepenuh hati dan kerja keras tentunya akan terkena terhadap semua orang yang bermain game tersebut dan suatu hal yang indah dalam pencapaian dari hasil karya cipta ,dan semua profesi dalam pembuatan game adalah termasuk seorang gamer juga secara tidak langsung dapat dikatakan sebagia gamer lovers. Game dibentuk oleh berbagai unsur, dan salah satu yang paling besar pengaruhnya adalah faktor permainan psikologi. Jika sudah terkena sisi tersebut, makalah game akan menjadi salah satu bagian yang dibutuhkan dalam kehidupan . Dalam beberapa kasus pun ditemukan , kecintaan orang terhadap game yang disukainya dapat mengalihkan kehidupannya, untuk bonusnya penulis ingin menambahkan tips bermain game yaitu sebagai berikut :


1. Batasilah waktu bermain anda.

2. Mencoba untuk peduli terhadap lingkungan pribadi disekitar anda, jangan sampai acuh.

3. Sayangilah tubuh anda, jangan terlalu over dalam bermain game, bisa-bisa anda yang game over.


sumber :

google , Keyword : teknologi game.

Wikipedia :, keyword : pengertian teknologi.








1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus