Rabu, 17 Februari 2010

THE GAME


Pengertian

Game menurut bahasa berarti permainan , dan secara istilah adalah suatu bentuk aktivitas yang dilakukan oleh per orangan atau sekelompok orang untuk menciptakan suatu hiburan dan kepuasan dari kegiatan tersebut.

Game merupakan alat dan sarana psikologi untuk melepaskan ke penatan dan ke ricuhan dalam keadaan sehari-harinya, dan merupakan suatu hal yang postif untuk di lakukan karena terdapat banyak unsur yang terkandung didalam game, seperti unsur kecerdasan, kegembiraan, sportifitas, dan juga unsur ketagihan. Pada umumnya game di kategorikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar anak kecil, karena pada dasarnya anak kecil memiliki dunia untuk bermain. Sedangkan berbeda dengan orang dewasa yang pada umumnya memiliki dunia untuk bekerja, jadi jikalau ada orang dewasa yang masih suka bermain , mereka langsung di kategorikan orang dewasa yang masih kekanak-kanakan . Penulis beranggapan bahwa hal itu adalah salah besar karena pada dasar kebutuhan setiap manusia adalah hiburan, dan game adalah termasuk hiburan juga, oleh karena itu sudah hal sepatutnya dilakukan orang yang hidup dengan normal , yang masih menyukai game. Akan tetapi sangat di salahkan apabila hidup kita hanya terfokus kepada game saja. Penulis dalam artikel kali ini ingin menyampaikan pendalaman dari game, baik dari game yang tradisional sampai game modern.


Sejarah Game

Game tradisional, berawal dari permainan anak-anak yang menggunakan ketangkasan dan olah tubuh serta di bekali dengan alat-alat yang sederhana maka terciptalah game-game yang seru dan juga mendidik, seperti permainan petak-umpet, kudabisik, kelereng, dan sebagainya. Game tradisional tersbut cenderung dimainkan oleh anak-anak pedesaan yang masih belum banyak mengenal dan mengerti teknologi. Seiring berjalannya waktu game tradisional sudah banyak ditinggalkan dan teknologi terus berkembang, sehingga berdampak kepada munculnya permainan-permainan baru yang lebih seru dan lebih berbobot yang menyuguhkan kepada kita suatu hiburan yang harus menggunakan alat-alat yang canggih untuk dapat memainkannya, oleh karena itu game modern lebih banyak di sukai daripada game tradisional, sedangkan game modern atau lebih dikenal dengan game elektronik memiliki sejarah tersendiri yaitu pada awal mulanya oktober 1977,game console pertama yang diciptakan oleh ATARI 2006,kemudian berkembang dengan sukses , sampai pada Juni 1986 muncul ATARI 7800 yang merupakan pengembangan dari ATARI 2006, ATARI 7800 memiliki kelebihan dalam memainkan game user dapat menggunakan joystick. lalu berlanjut ke ES Nintendo entertaintment System yang merupakan konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit ,berdampak kepada hasil produk game yang berbeda dari produk lainnya, pada konsole ini terdapat game Super mario bross yang sangat terkenal di zaman tersebut. Setelah itu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive yang merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, dalam konsole ini terdapat game terkenalnya yaitu sonic the hedhog, kemudian pada generasi ke empat lahirlah playstation yang merupakan salah satu game konsole terlaris yang sangat di sukai oleh anak-anak maupun orang dewasa, konsole game yang menggunakan 32 bit. Kemudian generasi kelima masih berbentuk playstation dan merupakan pengembangan dari alat tersebut, yang dijadikan sebagai PS2 dengan tampilan resolusi gambar yang sudah sangat cukup menarik dan bagus. Dan pada generasi sekarang terdapat pengembangan dari berbagai macam jenis konsole yang sebelumnya sudah banyak sekali konsole game menjamur di dunia PS, yaitu PS(playstation) mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga mengeluarkan WII. Sedangkan sejarah game pada perangkat bergerak berawal ketika Nintendo memperkenalkan portable LCD game “Games & Watch” dan Gameboy, yang terkenal sebagai mobile game console. Kemudian pada tahun 1997, Nokia membuat sebuah tipe game baru yang dapat dimainkan dengan menggunakan ponsel. Game pertama yang sangat populer adalah Snake. Pada tahun 1999, multi-player game di perangkat bergerak mulai diperkenalkan, yang berupa game berbasis WAP dan game berbasis SMS. Pada tahun 2001, game di perangkat bergerak lebih berkembang karena perangkat bergerak telah ditunjang dengan layar yang berwarna dan game berbasis Java yang dapat didownload mulai diperkenalkan ke pasar. Pada tahun 2003, Nokia memperkenalkan platform N-Gage dan game online dengan platform tersebut. Sekarang, perangkat bergerak telah banyak yang mendukung grafis 3D, kualitas suara dan resolusi tampilan yang baik, dan memori yang memadai.
Sumber :
http://www.google.co.id/search?q=Sejarah+Game&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a
http://budidar.wordpress.com/2007/12/02/sejarah-game-di-perangkat-bergerak/
http://are-tech.blogspot.com/2009/02/sejarah-game.html


Klasifikasi Game

Game memiliki berbagai macam jenis dari bentuk permainan hingga bentuk tujuan yang diinginkan,yaitu ;


Bentuk Permainan:

1. Olahraga : game yang merealisasikan keadaan sport di dunia nyata pada console atau alat yang digunakan seperti sepak bola dengan menggunakan Winning yang dimainkan pada PS, kemudian NBA basket, Golf, dan sebagainya.oes of might and magic, Master of Orion

2. Aksi – Petualangan. Memainkan seorang tokoh karakter untuk mengikuti misi yang telah di di tuliskan dan disampaikan dalam game, kemudian karakter dapat melakukan berbagai macam aksi seperti berlari , berbicara , melompat, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk membuka pintu , atau hanya mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya.

3. Simulasi, Konstruksi dan manajemen. Game yang menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Game menuntut pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City

4. Strategi. Game yang menuntut kepada player(pemain) agar dapat berpkir untuk mengalahkan lawannya dengan menggunakan pasukan yang ada serta dari olah sumber tempat yang telah disiapkan dari game. Contoh: Starcraft, Warcraft , dan Command and Conquer.

5 Simulasi kendaraan. Game jenis ini menuntut interaksi yang cukup kuat terhadap simulasi yang diberikan seolah -olah berada sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut, begitu juga deng simulasi lainnya seperti perang, dengan aturan simulasi gambarnnya first person maka akan sangat terasa seolah-olah kita ikut dalam peperangan yang sesungguhnya seperti pada game counter strike 1.6.


Bentuk tujuan yang diinginkan dalam game :

1.Advergames. Merupakan suatu sarana baru dalam mempromosikan suatu produk nyata yang di presentasikan dalam sebuah game.Baik melalui internet maupun di mainkan di event-event mereka

2. Casual games. Merupakan game yang bertujuan untuk pemain yang hanya ingin bermain dalam game -game yang santai,rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya ). Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.

3.Edugames. Merupakan game yang bertujuan sebagai alat pendidikan, seperti untuk belajr mengenal warna pada balita, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Developer yang membuatnya, harus memperhitungkan berbagai hal agar game ini benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan yang memainkannya. Target segmentasi pemain harus pula disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan design visual ataupun animasinya. Contoh edugames : Bobi Bola, Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.

4.Multiplayer Online. Merupakan game yang membutuhkan banyak interaksi secara langsung yang merupakan pendongkrak perkembangan elektronik game di Indonesia. Dan karena dimainkan online dan dengan sistem pembayaran menggunakan voucher, pembajakan sudah tidak menjadi masalah lagi. Game yang dapat dimainkan secara bersamaan oleh lebih dari 2 orang (bahkan dapat mencapai puluhan ribu orang dalam satu waktu) membuat pemain dapat bermain bersama dalam satu dunia virtual dari sekedar chatting hingga membunuh naga bersama teman yang entah bermain di mana. Umumnya permainan tipe ini dimainkan di PC dan bertema RPG, walau ada juga yang bertema music atau action. Contoh: Ragnarok online, O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, Lineage, Rose online,Point Blank dan sebagainya.


Game Online
Game
yang dapat dimainkan atau diakses dalam bersamaan oleh berbeda-beda player dan di akses dalam satu waktu dan jaringan yang langsung tersedia. Game online ini menyediakan berbagai macam pilihan seperti RPG(tidak membutuhkan pengembangan karakter atau pun level permainan hanya berkembang dalam satu rounde saja tidak dan kembali normal setelah ronde permainan selesai) , namun berbeda dengan action ataupun bersifat make a your own character tidak dibatasi dengan ronde yang berlaku , hanya saja memiliki banyak misi yang harus diselesaikan dalam game ini, serta player terus di tuntut Untuk mengembangkan karakter mereka masing, berikut merupakan contoh game online yang hadir dan terkenal di Indonesia :

AyoDance

AyoDance (Audition) adalah game yang berdasarkan bentuknya merupakan game action dan termasuk game musikal yang sangat sukses di Indonesia. Game Korea yang dirilis oleh PT. Megaxus Infotech pada bulan Desember 2006, dan memasuki masa komersial pada awal tahun 2007. AyoDance sangat simple untuk dimainkan dan dengan lagu-lagu yang enak didengar.


Game ini juga mengusung sistem ‘free to play’ dengan ‘item mall’. Di dalam game, gamer akan berperan sebagai seorang dancer. Ada beberapa mode permainan dapat dipilih sesuai yang diinginkan dan lagu dapat juga diganti sesuai dengan keinginan gamer. Mode permainan antara lain Freestyle Mode, Chance Mode, B-Boy Mode (Battle), Couple Mode, Big Game Mode dan Dance Competition.Di China game Audition ini memiliki lebih dari 100 juta pemain. Di negara lain terutama Asia, game ini juga cukup sukses dan digermari terutama oleh gamer kawula muda. AyoDance bisa dikatakan game tersukses kedua setelah Ragnarok di Indonesia dengan melihat hampir setiap warnet pasti ada yang memainkan game ini. Dan game ini bersifat komersial karena menggunakn voucher bermain untuk dapat mengakses atau memainkan game ini secara online.


GunBound




Gundbound merupakan game online ber-genre action pertama yang masuk ke Indonesia. Dirilis sekitar tahun 2004, Gunbound sangat asyik dimainkan untuk mengisi waktu senggang. Tidak seperti game online RPG, game keluaran BolehGame ini tidak ‘menuntut’ gamer harus berdiam di depan komputer untuk berjam-jam. Sistem permainannya sendiri bisa berkelompok atau sendiri-sendiri, dimana karakter yang dimainkan akan mengendarai sebuah ‘kendaraan’ yang bisa menembaknya amunisi kepada lawan mainnya.

Gunbound merupakan game pertama yang memanfaatkan sistem ‘item mall’ , yaitu pemain dapat membeli item-item atau avatar (item yang bisa dipakai oleh karakter) untuk mendandani karakternya. Pembelian item bisa menggunakan voucher yang diterbitkan oleh BolehGame.


Gunbound juga merupakan game gratis selamanya pertama di Indonesia, dimana pemain tidak perlu harus membeli voucher untuk bisa memainkannya. GunBound juga merupakan game action pertana yang masuk di WCG (World Cyber Game). Game ini sempat sangat digandrungi ketika pertama kali dirilis di Indonesia, dan hingga kini GunBound masih bertahan dengan para penggemarnya yang terlihat masih cukup setia untuk memainkan game ini.




Ragnarok Online (RO)

Game yang penulis sukai dan tidak pernah melewatinya semenjak masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, hingga lulus. Game yang kisahnya diambil dari sebuh komik karya komikus terkenal Korea ini, sudah terkenal sebelum masuk ke Indonesia. Banyak gamer Indonesia telah antusias menunggu game ini hingga rela memainkannya dengan lag-lag di server internasional. Ketika game yang booming di mancanegara ini masuk ke Indonesia pada bulan Mei tahun 2003, game ini langsung diserbu para gamer melebihi game-game sebelumnya. Game buatan Gravity (Korea) mempunyai gameplay dan gambar anime yang sangat cocok dengan kegemaran gamer Asia, bahkan game ini cukup sukses juga di berbagai negara Eropa.

Game keluaran PT. Lyto ini dengan mudah menarik banyak penggemar baru bahkan dari kalangan yang non-gamer. Game yang sangat sukses ini bahkan tidak hanya menguntungkan publishernya, tapi juga beberapa gamer bahkan membeli mobil atau apartemen dengan jual beli barang di dalam game ini. Ragnarok Online memakai grafik rendered 3D dengan karakter yang lucu-lucu, hingga menarik banyak pemain gamer cewek untuk memainkannya. Bukan rahasia lagi kalau beberapa gamer juga mendapatkan pasangannya bahkan pasangan hidup dari game ini.









Kelebihan game ini antara lain memiliki dunia luas yang bisa dijelajahi oleh para pemainnya. Selain itu pembagian karakter dan job-nya sendiri sangat baik bila dibanding dengan game-game lainnya. Monster, item dan peta juga dibuat dengan sangat baik. Fitur-fitur lainnya pada game seperti karakter bisa membuka chat room (pub), karakter yang bisa berjualan, menempa barang, mengambil quest dan masih banyak lagi, merupakan salah satu yang membuat game ini tidak menbosankan. Ragnarok sampai saat ini masih bertahan di Indonesia walau banyak bermunculan game-game online baru, dan dapat dikatakan bahwa Ragnarok merupakan game online tersukses di Indonesia.

Penulis merupakan gamers juga seperti orang yang cinta game pada umumnya, dan dalam tulisan ini dapat ditarik sebuah benang merah yaitu, setiap orang membutuhkan hiburan dan salah satu hal yang dapat dijadikan hiburan adalah bermain Game sendiri atau bersama teman, namun disarankan agar tidak ketagihan dalam bermain Game, dan kehidupan dunia nyata agar dapat berjalan dengan sebagai man mestinya, dalam game juga dibutuhkan banyak pengorbanan, baik materi maupun imateri, seperti waktu yang terbuang dan terkadang dibutuhkan tidak sedikit uang untuk bermain dengan puas dalam game.

NO pain NO game , merupakan slogan dari penulis, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar